Perancangan Elemen Mesin 2
1. Perancangan kopling, unduh di sini.
2. Perancangan rem, unduh di sini.
3. Perancangan sistem transmisi sabuk, unduh di sini.
4. Perancangan sistem transmisi rantai, unduh di sini
5. Perancangan rodagigi (file ke-1), unduh di sini
6. Perancangan rodagigi (file ke-2), unduh di sini
Jumat, 28 Agustus 2009
Kamis, 27 Agustus 2009
Rabu, 26 Agustus 2009
Soal & Jawaban, Ujian Semester Pendek 2008-2009
Silakan unduh,
di sini, untuk ujian ke-1 Perancangan Elemen Mesin I
di sini, untuk ujian ke-2 Perancangan Elemen Mesin I
di sini, untuk ujian ke-3 Perancangan Elemen Mesin I
di sini, untuk ujian ke-1 Perancangan Elemen Mesin II
di sini, untuk ujian ke-2 Perancangan Elemen Mesin II
di sini, untuk ujian ke-3 Perancangan Elemen Mesin II
di sini, untuk ujian ke-1 Perancangan Elemen Mesin I
di sini, untuk ujian ke-2 Perancangan Elemen Mesin I
di sini, untuk ujian ke-3 Perancangan Elemen Mesin I
di sini, untuk ujian ke-1 Perancangan Elemen Mesin II
di sini, untuk ujian ke-2 Perancangan Elemen Mesin II
di sini, untuk ujian ke-3 Perancangan Elemen Mesin II
Rabu, 19 Agustus 2009
Latihan Soal - Analisis Rem Tromol & Rem Sabuk
REM TROMOL
Lihat Gambar Rem Tromol (di halaman 165 Buku Perancangan Elemen Mesin).
Berapakah nilai tekanan maksimum untuk sepatu rem kiri, apabila diketahui koefisien gesek bahan rem 0,32, sudut pangkal, θ1 = 25 derajat, sudut ujung, θ2 = 155 derajat, tekanan maksimum bahan kanvas rem (kanan), pmaks = 2 MPa, dan lebar kanvas rem, b = 30 mm.
REM SABUK
Lihat Gambar Rem Sabuk (di halaman 175 Buku Perancangan Elemen Mesin).
Diketahui dimensi batang rem: panjang a=10cm, b=8cm dan c=30cm. Tekanan lapisan maksimum bahan rem 800 kPa, drum berdiameter 250 mm dan lebar sabuk 100 mm. Koefisien gesek antara sabuk dan drum adalah 0,25 dan sudut kontak 235 derajat. Dengan kondisi rem seperti itu, berapakah gaya pengereman yang dibutuhkan?
Lihat Gambar Rem Tromol (di halaman 165 Buku Perancangan Elemen Mesin).
Berapakah nilai tekanan maksimum untuk sepatu rem kiri, apabila diketahui koefisien gesek bahan rem 0,32, sudut pangkal, θ1 = 25 derajat, sudut ujung, θ2 = 155 derajat, tekanan maksimum bahan kanvas rem (kanan), pmaks = 2 MPa, dan lebar kanvas rem, b = 30 mm.
REM SABUK
Lihat Gambar Rem Sabuk (di halaman 175 Buku Perancangan Elemen Mesin).
Diketahui dimensi batang rem: panjang a=10cm, b=8cm dan c=30cm. Tekanan lapisan maksimum bahan rem 800 kPa, drum berdiameter 250 mm dan lebar sabuk 100 mm. Koefisien gesek antara sabuk dan drum adalah 0,25 dan sudut kontak 235 derajat. Dengan kondisi rem seperti itu, berapakah gaya pengereman yang dibutuhkan?
Jumat, 14 Agustus 2009
Soal Ujian Perancangan Elemen Mesin I
1. Berapakah diameter poros minimum yang diperlukan jika poros itu menerima daya 3 hp dan putaran 20 rpm, dan poros direncanakan dibuat dari baja AISI 1020 dengan Sy = 330 MPa dalam kondisi beban normal.
2. Rancanglah sebuah pasak bujursangkar (cari ukuran penampang dan panjangnya) yang dipakai untuk menetapkan puli pada poros berdiameter 30 mm. Hub puli berdiameter 52 mm dan tebal 25 mm. Daya dan putaran yang diteruskan ke puli berturut-turut sebesar 5 hp dan 20 rpm. Bahan pasak dipilih dari kelas AISI 1020 dengan Sy = 330 MPa dan Su = 410 MPa.
Jawaban dikumpulkan hari sabtu 15-Agustus-2009 sebelum jam 13.00 di ruang
2. Rancanglah sebuah pasak bujursangkar (cari ukuran penampang dan panjangnya) yang dipakai untuk menetapkan puli pada poros berdiameter 30 mm. Hub puli berdiameter 52 mm dan tebal 25 mm. Daya dan putaran yang diteruskan ke puli berturut-turut sebesar 5 hp dan 20 rpm. Bahan pasak dipilih dari kelas AISI 1020 dengan Sy = 330 MPa dan Su = 410 MPa.
Jawaban dikumpulkan hari sabtu 15-Agustus-2009 sebelum jam 13.00 di ruang
Langganan:
Postingan (Atom)